BUNGA RAMPAI AGRIBISNIS : SERI PEMASARAN
BUNGA RAMPAI AGRIBISNIS : SERI PEMASARAN
KOMENTAR-KOMENTAR
Pemasaran produk-produk pertanian merupakan kajian yang sangat menarik dan menempati posisi penting dalam pengembangan sektor pertanian. Buku Bunga Rampai Agribisnis seri Pemasaran ini memaparkan dengan baik perkembangan pemasaran produk pertanian dalam perspektif teori, metode, cara pandang, dan kajian empirik dalam spektrum komoditas yang cukup lengkap, yaitu tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perikanan, dan biofarmaka. Buku ini penting untuk dibaca bagi mahasiswa tingkat sarjana, pascasarjana, dan bagi mereka yang tertarik dengan agribisnis dan ekonomi pertanian, khususnya aspek pemasaran.
Prof. Dr. Ir. Bungaran Saragih
Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen – IPB
Sampai saat ini masih terdapat banyak tantangan dalam penawaran dan mata rantai pemasaran produk pertanian Indonesia. Bila tidak dipecahkan hal ini dapat menimbulkan ketidakpuasan konsumen yang berakibat pengalihan preferensi kepada produk pertanian dari luar negeri. Dibutuhkan berbagai pemikiran untuk mengantisipasi tantangan tersebut, mulai dari bagaimana menghasilkan produk yang mampu bersaing dari sisi kualitas dan harga; efisiensi dalam rantai pemasaran serta ketepatan tempat dan waktu produk sampai dalam jangkauan konsumen. Penyelesaian terhadap berbagai persoalan dan tantangan tersebut akan lebih efektif apabila ada dukungan yang tepat dari Pemerintah dalam bentuk political will. Buku ini merupakan kumpulan pandangan akademisi di Institut Pertanian Bogor dan Universitas Brawijaya yang patut menjadi referensi bagi pemerhati dan yang sedang mempelajari agribisnis dan ekonomi pertanian.
Prof. Dr. Ir. Bunasor Sanim
Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen – IPB