PENGEMBANGAN WISATA PENDIDIKAN PERTANIAN DI INSTITUT PERTANIAN BOGOR
PENGEMBANGAN WISATA PENDIDIKAN PERTANIAN DI INSTITUT PERTANIAN BOGOR
PENGEMBANGAN WISATA PENDIDIKAN PERTANIAN DI INSTITUT PERTANIAN BOGOR Bambang Sulistyantara1), E.K.S. Harini Muntasib2), Fiona Hanberia3) ABSTRAK Agro-Edu-Tourism adalah nama resmi institusi penyelenggara wisata pendidikan pertanian di lingkungan IPB, dikelola sejak 2005. Tujuan utama dibentuknya Agro-Edu-Tourism (AET) di IPB ini adalah untuk mempromosikan IPB sebagai lembaga pendidikan tinggi ternama dalam bidang pertanian di Indonesia, dan sekaligus sebagai media untuk meningkatkan minat memasuki pendidikan tinggi pertanian bagi para siswa sekolah. Pendekatan yang digunakan untuk mewujudkan AET adalah dengan memberdayakan semua potensi obyek wisata dan atraksinya yang dimiliki oleh setiap departemen, fakultas dan atau unit-unit dalam lingkungan IPB. Upaya meningkatkan jumlah kunjungan dilakukan dengan kegiatan promosi secara gencar melalui media komunikasi dan melakukan program safari promosi ke berbagai sekolah di kawasan Jabodetabek. Promosi ini memberikan hasil yang positip, yaitu berupa diterimanya tanggapan positip dari berbagai kalangan sekolah dari SD hingga SMA, dan terjadi peningkatan jumlah kunjungan serta jumlah pengunjung. Dengan mempertahankan jumlah pengunjung minimal 2500 orang per tahun, kegiatan AET IPB dapat dikelola secara mandiri, sehingga sangat sesuai jika diusulkan untuk dikelola sebagai sebuah SUP (Satuan Usaha Penunjang). Kata kunci: Agro-Edu-Tourism, wisata pendidikan, promosi wisata, satuan usaha penunjang (SUP). ABSTRACT Edu-Agro-Tourism is the official name of the tour operator for education tourism institutions at the IPB, managed since 2005. The main purpose of the establishment of Agro-Edu-Tourism (AET) at IPB is to promote the well-known institutions of higher education in agriculture in Indonesia, as well as a medium to increase interest in entering higher education for students of elementary – secondary – high schools. The approach to realize AET activities is to empower all potential sights and attractions of every department, faculty and or units in IPB. Efforts to increase the number of visits made by a vigorous promotional activities through the communication medium and conduct promotional safari programs to schools in the greater Jabodetabek area. This promotion gives positive results, in the form of receiving a positive response from all sections of the school from elementary to high school, and an increase in the number of visits and number of visitors. By maintaining the number of visitors at least 2500 people per year, IPB AET activities can be managed independently, so it is suitable if proposed to be managed as a SUP (Satuan Usaha Penunjang, non-academic business unit). Keywords: Agro-Edu-Tourism, education tourism, tourism promotion, non-academic business unit. Download : Abstrak |