DRI IPB

Persepsi dan Sikap Mahasiswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di TPB IPB

Prosiding Seminar Hasil Penelitian IPB 2011

Persepsi dan Sikap Mahasiswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di TPB IPB

PERSEPSI DAN SIKAP MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI TPB IPB

(Student’s Perception and Attitude in Learning Indonesian at TPB IPB)

Mukhlas Ansori, Heni Krishnawati, Defina, Krishandini, Endang Sri Wahyuni

Program Mata Kuliah Dasar Umum, IPB

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai persepsi dan sikap mahasiswa TPB, dan mengkaji hubungan antara persepsi dan sikap mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di TPB IPB. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik menggunakan metode survei dengan angket. Sampel adalah mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama (TPB) tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah sampel 99. Hasil penelitian menemukan bahwa persepsi mahasiswa TPB tentang pembelajaran bahasa Indonesia baik (rataan total 3,96). Sikap terhadap pembelajaran bahasa Indonesia memberikan respon positif rataan total (3,58). Kinerja dosen bahasa indonesia baik rataan total (3,81) Ada hubungan yang kuat antara persepsi dengan sikap mahasiswaTPB . Persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah bahasa Indonesia positif. Kegiatan responsi sangat penting untuk diteruskan.Metode pembelajaran masih kurang bervariasi. Tingkat kepuasan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di TPB cukup baik. Kebanggan terhadap bahasa Indonesia sangat besar. Terdapat korelasi antara IPK dengan nilai bahasa Indonesia yang sangat signifikan. Korelasi antara persepsi dengan sikap signifikan (0.265). Korelasi antara persepsi dengan kinerja dosen sangat signifikan dengan nilai (0.561). Korelasi antara sikap dengan kinerja dosen signifikan dengan nilai (0.253). Hubungan antara nilai mahasiswa terhadap kinerja dosen sangat signifikan dengan nilai (0,503).

Kata kunci: Persepsi, sikap, kinerja, metode pembelajaran.

ABSTRACT

This study aims to describe about students’ perception and attitude , and analyse the relationship between perception and attitude of students in learning Indonesian at TPB IPB. This research is descriptive analytical method by using questionnaire survey. The samples preparation are student at the (TPB) 2010/2011 academic year by the number of samples 99. The study found that students’ perceptions about learning Indonesian are good (the average total is 3.96). The Attitude of learning Indonesian gives the average total positive response(3.58). Performance of Indonesian lecturers total average are 3.81. There is a strong relationship between the perception of the attitude TPB students. The perception of students to Indonesian language is positive . Response is very important to be continued. The metode is still unvariable. Level of satisfaction with the learning Indonesian is good enough. The pride of Indonesian is very high. There is a correlationship between CPI with grade of Indonesian language.The correlation between the perception and attitude is very significan (0265 ). The correlation between the perception of the lecturers’ performance is very significant (0561 ). The correlation between attitudes and the lecturers’ performance is very significant(0253). The relationship between the grade of students and the lecturers’ performance is very significant (0.503).

Keywords: Perception, attitude, performance, learning method.

Download : Abstrak