DRI IPB

Pusat Studi Hewan Tropika (CENTRAS)

Pusat-Pusat yang dikoordinir oleh LPPM IPB

Pusat Studi Hewan Tropika (CENTRAS)

Visi
Menjadi pusat studi unggulan pengembangan hewan tropika serta IPTEKS terkait guna memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat.

Misi
Melakukan penelitian sumberdaya hewan tropika Indonesia dan pemberdayaan masyarakat serta diseminasi IPTEKS untuk kelestarian lingkungan dan pembangunan nasional yang berkelanjutan.

 
LINGKUP PROGRAM
Ruang lingkup program yang akan dilakukan dan dikoordinasikan oleh CENTRAS-LPPM IPB meliputi:
1.    Bidang Teknologi Pakan dan Nutrisi : Pengembangan berbagai jenis sumber pakan tropis, sistem pemanfaatan ternak dalam program pelestarian lingkungan dan reklamasi lahan, dan pengembangan sistem pengawasan mutu pakan
2.    Bidang Pemuliaan dan Reproduksi : Pemanfaatan dan pelestarian plasma nutfah hewan dan ternak lokal
3.    Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner : Sistem pengendalian dan penanggulangan penyakit hewan dan ternak tropika, dan kajian obat dan vaksin hewan
4.    Bidang Hewan Kesayangan dan Satwa Harapan : Inventarisasi, potensi dan studi konservasi hewan tropika Indonesia, dan Kajian ekologis hewan endemik.
5.    Bidang Ekofarming dan Agribisnis Peternakan : Pengembangan teknologi pengolahan hasil ternak, pengembangan industri peternakan, dan pengembangan dan  pengelolaan industri peternakan yang ramah lingkungan.
6.    Bidang Kebijakan Publik dan Perundang-undangan : Kearifan lokal dalam pemanfaatan hewan tropika untuk kesejahteraan masyarakat, menganalisis dan merumuskan kebijakan pengelolaan dan pemanfaatan hewan tropika secara optimal dan berkelanjutan, dengan mempertimbangkan kesejahteraan hewan, menganalisis dan merumuskan kebijakan publik dan perundang-undangan yang terkait dengan pengelolaan serta pengembangan hewan dan ternak tropika, dan desiminasi hasil-hasil studi hewan tropika.
7.    Bidang SDM : Pemberdayaan SDM sebagai motor penggerak pembangunan peternakan, dan pelaksanaan pelatihan dan scientific exchange, dalam rangka peningkatan sumber daya manusia.

 
Kepala : Dr.Ir.Suryahadi, DEA
Sekretaris : Dr.Ir. Amiruddin Saleh, M.S
 
Alamat : Kampus IPB Baranangsiang Jl. Pajajaran, Bogor 16153
Telp : 0251-8350413 Fax : 0251-8350413
 
Email : centras@ipb.ac.id, ipb.centras@yahoo.com
Website : http://centras.ipb.ac.id/