Home / The International Symposium on Arboriculture in the Tropics (ISATrop) 2017: Securing ecosystem functions in urban landscape

The International Symposium on Arboriculture in the Tropics (ISATrop) 2017: Securing ecosystem functions in urban landscape

Kompilasi Foto ISATrop 2017

Tanggal 21 November adalah hari istimewa. Hari ini adalah “World Tree Day” atau Hari Pohon Sedunia. Bagi para arboris, hari ini adalah hari yang sangat penting meneguhkan kembali keyakinan dan komitmen kita bahwa keberadaan  pohon di planet ini, di sekitar kita,  di ekosistem kota sangatlah penting; Pohon bukan sekedar elemen keindahan suatu kota, pohon bukan sekedar tempat berteduh atau memberi kenyamanan kepada kita, tetapi lebih daripada itu, pohon memiliki manfat ekologis yang teramat penting untuk kehidupan manusia saat ini dan di masa datang. Pohonlah yang memproduksi oksigen yang kita hirup setiap detik. Pohonlah yang menyerap gas karbon dioksida dari udara di sekitar kita. Pohon jugalah yang menapis udara kotor dan gas-gas pencemar udara. Pohon adalah “pembersih udara”! Bahkan pohon menjadi tempat hidup beberapa makhluk yang berguna bagi manusia.

Dalam rangka memperingati “Hari Pohon Sedunia” 21 November 2017, Direktorat Riset dan Inovasi IPB menyelenggarakan The International Symposium on Arboriculture in the Tropics (ISATrop) 2017 di IPB International Convention Center (IICC), Bogor. Melalui simposium ini, IPB mengajak masyarakat untuk lebih mencintai dan merawat pohon  di sekitar kita. Melalui simposium ini, IPB berusaha membagikan pengetahuan tentang pohon dan peranannya dalam ekosistem perkotaan. Melalui simposium ini, IPB juga mendorong masyarakat untuk merawat pohon dengan lebih baik. IPB siap menjadi mitra pemerintah dalam mendeteksi kesehatan pohon-pohon di perkotaan karena IPB memiliki tenaga ahli dan peralatan mutakhir di bidang arborikultur. Bahkan IPB juga menjadi perintis didirikannya Masyarakat Arborikultur Indonesia (MArI) yang baru saja resmi menjadi badan hukum. (diambil dari press release kegiatan ISATrop 2017 oleh Prof. Dodi Nandika).

Materi Keynote Speaker
1. Prof Dr Ahmad Ainuddin Nuruddin (Malaysian Society for Arborist (PArM), Universiti Putra Malaysia, Malaysia)
2. Prof. Emer. Ko. Harada (Faculty of Agriculture, Ehime University, Japan)
3. Mr. Daniel C Burham (Senior Arboriculture Researcher at Centre of Urban Greenery and Ecology (CUGE), National Park Board, Singapore)

Materi Invited Speaker
1. Koh Eu Jin (Tree Consultant at CSK Landscape Services, Singapore: Trees and Development/Construction)
2. Chew Guan Yu (CSK Landscape Services, Singapore): Tree assessment for Facility Managers)