Home / Bantuan Penulisan Manuskrip Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Pada Jurnal Internasional Bereputasi

Bantuan Penulisan Manuskrip Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Pada Jurnal Internasional Bereputasi

Manuskrip 2017 new link

Dalam rangka pelaksanaan Program World Class University (WCU), IPB melalui Direktorat Riset dan Inovasi (DRI) menyelenggarakan kembali Bantuan Penulisan Manuskrip Artikel Ilmiah Untuk Publikasi pada Jurnal Internasional T.A. 2017, yang bertujuan untuk meningkatkan minat tenaga pendidik/peneliti di lingkungan IPB dalam menghasilkan publikasi ilmiah berskala internasional dan juga meningkatkan jumlah citation index dari tenaga pendidik/peneliti IPB melalui publikasi pada jurnal internasional bereputasi. Program ini tidak ditujukan sebagai sebuah penghargaan pada publikasi ilmiah yang telah diterbitkan oleh dosen/peneliti IPB (output-based). Namun, ditujukan untuk penyempurnaan dan hibah (process-based) bagi dosen/peneliti IPB yang telah memiliki manuskrip artikel ilmiah yang akan diterbitkan di jurnal internasional bereputasi (terindeks dalam database Scopus atau memiliki impact factor) sebagai syarat utama untuk mendapatkan bantuan ini.

PERSYARATAN DAN KRITERIA PENILAIAN

Persyaratan Penilaian

Bantuan Penulisan Manuskrip Artikel Ilmiah untuk Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi hanya diberikan kepada Tenaga Pendidik/Peneliti sebagai first author dengan bentuk bantuan yang diatur secara peringkat (ranking) terhadap pemenuhan kriteria penilaian artikel ilmiah sebagai berikut:

  1. Impact factor (https://clarivate.com)≥ 1 dan atau Kuartil jurnal (berdasarkan Scimago Journal Rank) tujuan adalah Q1 dan Q2, mendapatkan bantuan penyempurnaan manuskrip melalui Enago (copy editing sevices dengan biaya at cost maksimum 3.500 kata) dan nilai bantuan maksimum sebesar Rp 4.500.000,-
  2. Kuartil jurnal (berdasarkan Scimago Journal Rank) tujuan adalah Q3 dan Q4, dengan nilai bantuan yang diberikan maksimum sebesar 4.500.000,-

 Bantuan Penulisan Manuskrip Artikel Ilmiah untuk Publikasi Jurnal Internasional bereputasi akan diberikan kepada Tenaga Pendidik/ Peneliti IPB yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  •  Memiliki manuskrip artikel ilmiah yang akan disubmit/diterbitkan pada jurnal internasional yang terindeks (SJR) atau mempunyai impact factor (IF).
  • Manuskrip artikel ilmiah ditulis dalam Bahasa Inggris dan akan disubmit pada jurnal internasional bereputasi pada tahun 2017.
  • Penulis sudah menggunakan format penulisan sesuai dengan format penulisan pada jurnal yang dituju.
  • Manuskrip artikel ilmiah yang diusulkan bukan bagian dari tesis atau disertasi pengusul ataupun co-author yang lain, yang dibuktikan dengan surat pernyataan (Lampiran 5.).
  • Pengusul adalah penulis pertama dan tidak ada pembatasan jumlah anggota
  • Nama institusi Bogor Agricultural University (IPB) harus tercantum dalam artikel ilmiah yang akan diterbitkan.
  • Pengusul (penulis pertama) hanya dapat mengajukan 1 (satu) judul manuskrip artikel karya ilmiah dan tidak sedang dibiayai oleh sumber lainnya, dibuktikan dengan surat pernyataan (Lampiran 5).
  • Pengusul harus mengikuti tata cara pengajuan yang berlaku.
  • Usulan yang tidak memenuhi persyaratan/ketentuan tidak akan diproses lebih lanjut.

MEKANISME PENGAJUAN

  • Usulan Bantuan Penulisan Manuskrip Artikel Ilmiah untuk Publikasi Jurnal Internasional diajukan dalam bentuk softfile dan hardcopy.
  • Tata cara pengajuan usulan dalam bentuk softfile:
    • Pengusul harus memiliki akun google mail (gmail atau apps) dan melakukan login pada akun google mail tersebut
    • Pengusul melakukan pendaftaran online di sini dengan memenuhi seluruh persyaratan yang diperlukan dan mengunggah usulan dalam bentuk Ms. Word (doc) atau PDF (hasil konversi file to file).
    • Softfile yang diunggah harus sesuai format yang ditentukan (lihat panduan pada Lampiran 1.)
  • Pengusul hanya boleh mengajukan 1 (satu) judul manuskrip,
  • Hardcopy proposal manuskrip artikel ilmiah (sebanyak 2 eksemplar) beserta surat pengantar dari Ketua Departemen dikirim selambat-lambatnya pada tanggal 29 September 2017 jam 16.00 WIB kepada:

Sub Direktorat Agenda Riset dan Publikasi
Direktorat Riset dan Inovasi IPB
Gedung A.H. Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga Bogor
Telp. (0251)8624512, 8622642 psw. 508. Faks (0251) 8624512
E-mail : dri@apps.ipb.ac.id
Website: http://dri.ipb.ac.id
Cp : Luluk Annisa/Enday Sudaina

Program ini berlaku untuk manuskrip yang belum diajukan untuk memperoleh hibah/insentif lain sebelumnya. Panduan usulan dapat diunduh di sini.

MEKANISME SELEKSI DAN PELAPORAN

  • Penetapan penerima bantuan penulisan manuskrip artikel ilmiah dilakukan melalui proses seleksi.
  • Penerima bantuan berkewajiban memberikan laporan dengan melampirkan bukti submit. Laporan diserahkan dalam bentuk hardcopy sebanyak 1 eksemplar selambat-lambatnya tanggal 25 Desember 2017 pukul 16.00.
  • Sistematika laporan terdiri dari cover (Lampiran 1.), lembar pengesahan (Lampiran 2.), bukti submit dan artikel.
  • Penerima bantuan berkewajiban memberikan laporan secara berkala mengenai status terkini manuskrip artikel ilmiah yang telah disubmit pada jurnal internasional bereputasi yang dituju, yang disampaikan melalui email dri@apps.ipb.ac.id.
  • Penyampaian laporan status artikel secara berkala berlangsung hingga artikel yang disubmit dinyatakan accepted/rejected oleh editor jurnal, dibuktikan dengan email dari editor.

CATATAN

  • Penerima Bantuan Penulisan Manuskrip Artikel Ilmiah untuk Publikasi Jurnal Internasional akan diumumkan melalui website DRI (https://dri.ipb.ac.id). Hasil seleksi merupakan keputusan mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Apabila artikel yang telah disubmit dinyatakan ditolak (rejected) oleh jurnal tujuan, maka penerima bantuan wajib men-submit kembali pada jurnal internasional bereputasi lainnya atau mengembalikan seluruh dana bantuan yang diterima.

Tutorial Registrasi Online
Pendaftaran Online
Panduan Program Bantuan Manuskrip 2017