Home / Publikasi

Publikasi

Kegiatan-kegiatan terkait publikasi ilmiah yang dikelola oleh DRI IPB adalah:

1) Pelatihan Penulisan Artikel

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dan jumlah artikel ilmiah internasional yang dihasilkan oleh tenaga pendidik/peneliti IPB. Budaya menulis yang disertai dengan peningkatan fasilitas dalam publikasi seperti pelatihan dan pendampingan publikasi akan terus menerus dilakukan oleh IPB. Hal ini diharapkan dapat mengatasi beberapa kendala yang sering dihadapi oleh penulis, antara lain naskah yang harus berbahasa Inggris (native speaker proof reading), format penulisan yang berbeda, pengalaman dalam menulis artikel ilmiah di jurnal internasional, dan lain-lain.

2) Bantuan Penerbitan Artikel pada Jurnal Internasional

Publikasi, khususnya jurnal internasional menjadi salah satu nilai jual serta prestise institut baik skala nasional maupun internasional. Kriteria jurnal internasional yang umum digunakan adalah terindeks pada database/mesin pencari Scopus dan atau ISI Thomson Reuter (Impact Factor). Adanya bantuan berupa insentif bagi peneliti/tenaga pendidik di IPB untuk mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal ilmiah bertaraf internasional, diharapkan dapat meningkatkan semangat peneliti/tenaga pendidik di IPB untuk terus berkarya, menulis dan mempublikasikan hasil penelitiannya, khususnya di jurnal ilmiah bertaraf internasional.

3) Bantuan Penulisan Buku

Tidak sedikit jumlah tenaga pendidik IPB yang berpengalaman dalam melakukan penelitian yang berhasil. Dosen yang mengikuti program penelitian multi tahun seperti Hibah Bersaing, Hibah Tim Pascasarjana, Hibah Strategis Nasional, Hibah Kompetensi, dan Riset Unggulan Terpadu telah mengenal state of the art dalam bidang keahliannya. Pengalaman tersebut sepatutnya dimanfaatkan sebagai modal dasar untuk menulis buku. Program ini tidak hanya menyediakan sejumlah dana bantuan bagi penulis yang telah memiliki atau menerbitkan buku tetapi juga untuk membiayai persiapan atau penerbitan naskah buku yang akan diterbitkan oleh penerbit.

4) Peningkatan Jurnal IPB Terindeks di Scopus

Kegiatan ini difokuskan untuk meningkatkan kualitas jurnal ilmiah yang dikelola unt kerja di IPB agar dapat terakreditasi nasional maupun berskala internasional terindeks di Scopus. Jurnal-jurnal yang diterbitkan atas kerjasama antara departemen atau fakultas di IPB dengan organisasi profesi diharapkan memiliki kualitas yang sangat baik sehingga artikel ilmiah hasil penelitian IPB akan disitasi atau direfer oleh peneliti-peneliti lain baik di Indonesia maupun di luar negeri sehingga memiliki impact factor yang baik.