Home / Event / PELATIHAN PENELUSURAN DAN PENULISAN DESKRIPSI PATEN

PELATIHAN PENELUSURAN DAN PENULISAN DESKRIPSI PATEN

News_flash_Pelatihan_Paten_2017_REV_1

A. Latar Belakang

Paten merupakan salah satu dari tujuh jenis kekayaan intelektual (KI) yang telah resmi diimplementasikan di Indonesia. Paten sebagai instrumen perlindungan hukum terhadap kekayaan intelektual berupa teknologi menjadi salah satu indikator kemajuan suatu negara, utamanya yang berorientasi pada knowledge based economy. Konsekuensi dari semua itu, semua elemen penghasil ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), termasuk didalamnya perguruan tinggi dan lembaga riset dan pengembangan (risbang), sudah seharusnya berupaya semaksimal mungkin menerapkan sistem tersebut dalam melakukan kegiatan risbang.

Upaya-upaya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas aplikasi paten dari para periset Indonesia terus dilakukan oleh berbagai pihak (Pemerintah, Perguruan Tinggi, Lembaga Risbang). Pemerintah melalui regulasi barunya berupa undang-undang (UU), Peraturan Pemerintah (PP), dan Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) dinilai telah memberikan keberpihakan pada kepentingan Indonesia, khususnya para periset dan inventor. Beberapa perubahan yang diatur dalam ketentuan UU No 13 tahun 2016 tentang Paten antara lain kemudahan dalam proses pendaftaran (e-filing), inventor ASN/PNS sebagai Pemegang Paten, perluasan objek perlindungan paten sederhana, percepatan penyelesain pemeriksaan substantif, pembatasan lingkup klaim penggunaan, dan lain-lain. PP No 45 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 45 tahun 2014 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia lebih meringankan biaya permohonan dan biaya tahunan (pemeliharaan) paten untuk Usaha Mikro, Usaha Kecil, Lembaga Pendidikan, dan Risbang Pemerintah. Permenkeu No 106/PMK.02/2016 tentang Standar Biaya Keluaran (SBK) Tahun Anggaran 2017 juga lebih mendorong para periset Indonesia dimana dalam Permenkeu tersebut telah diatur besaran tambahan biaya SBK riset dasar, riset terapan, dan riset pengembangan bagi para periset yang menghasilkan luaran riset berupa publikasi, paten, hak cipta, perlindungan varietas tanaman, dan lain-lain.

Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas aplikasi paten dari para periset baik dari perguruan tinggi maupun lembaga risbang. Salah satu dokumen penting yang sangat menentukan diterima atau ditolaknya suatu permohonan paten adalah deskripsi tentang invensi atau deskripsi paten yang terdiri atas judul, deskripsi, klaim, abstrak, dan gambar (jika ada). Penulisan deskripsi paten mempunyai aturan/format tertentu dan memerlukan keahlian tertentu terutama dalam penyusunan klaim. Penulisan deskripsi paten yang benar dan tepat akan menentukan lingkup perlindungan paten-nya dan mempengaruhi lamanya waktu pemeriksaan substantif.

B. Tujuan

Tujuan kegiatan ini adalah:

  1. memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta tentang sistem KI dan informasi terkini terkait sistem KI di Indonesia maupun di dunia
  2. meningkatkan kemampuan peserta dalam menyusun spesifikasi dokumen paten (deskripsi paten).

C. Luaran

Kegiatan ini diharapkan menghasilkan luaran berupa:

  1. peserta mampu menyusun deskripsi paten sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  2. draft deskripsi paten yang siap untuk didaftarkan paten atau diikutsertakan dalam program insentif dari Pemerintah atau instansi lainnya.

D. Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari pada hari Kamis, 4 Mei 2017 bertempat di Ruang Mahoni, Kampus IPB Gunung Gede, Jl. Raya Pajajaran, Bogor.

E. Peserta dan Mekanisme Pendaftaran

Sasaran peserta kegiatan ini adalah para periset, pengelola sentra atau unit KI, konsultan atau calon konsultan KI dari perguruan tinggi, lembaga risbang, dan swasta. Mekanisme dan ketentuan untuk mengikuti pelatihan ini sebagai berikut:

  1. Diutamakan bagi peserta yang belum pernah mengikuti pelatihan penelusuran dan penulisan deskripsi paten atau sejenisnya.
  2. Mempunyai hasil riset di bidang teknologi dan membawa soft copy-nya beserta laptop untuk keperluan praktik. Untuk efektivitas pelaksanaan pelatihan, diharapkan peserta telah menyusun draft awal deskripsi paten, format penulisan paten dapat diunduh di sini.
  3. Melakukan pendaftaran online (e-registration) di website DRI IPB dengan mengisi formulir pendaftaran dan menyertakan abstrak beserta kata kuncinya dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  4. Mengingat tempat yang terbatas (maskimal 30 orang), apabila pendaftar melebihi kapasitas yang disediakan, maka panitia akan melakukan seleksi berdasarkan formulir dan abstrak yang dikirimkan kepada panitia.
  5. Waktu pendaftaran dan pembayaran biaya (pengiriman bukti pembayaran) kepesertaan paling lambat tanggal 28 April 2017.
  6. Biaya investasi dikirimkan ke Bank BNI 46 a.n Rektor IPB CQ Dit Riset dan Inovasi, No. Rek. 3889675, dengan besaran biaya sebagai berikut:
    • Staf IPB (dosen/peneliti) : Tidak dikenakan biaya (Free)
    • Mahasiswa IPB : Rp. 250.000,-
    • Umum (mahasiswa/dosen/peneliti non IPB) : Rp. 500.000,-
  7. Fasilitas yang diperoleh peserta:
    • Materi pelatihan dan Training kit
    • Sertifikat
    • Konsumsi (dua kali snack dan satu kali makan siang)
    • Koneksi internet.

F. Bentuk Kegiatan dan Materi Pelatihan

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk teori dan praktik dengan komposisi teori dan praktik adalah 50% : 50%. Materi yang akan disampaikan pada pelatihan ini adalah sebagai berikut:

  • Sistem KI dan isu-isu terkini perkembangan sistem KI. Materi ini menjelaskan secara singkat pengertian KI dan jenis-jenis KI yang telah disahkan dan diimplementasikan di Indonesia. Pada sesi ini juga disampaikan isu-isu terkini tentang sistem KI, khususnya terkait dengan ketentuan-ketentuan dalam UU No 13 tahun 2016, PP No 45 tahun 2016, dan Permenkeu No 106/PMK.02/2016.
  • How to search patent document? Materi ini menjelaskan pengertian penelusuran Paten, tahapan-tahapan secara rinci dan sistematis bagaimana mengakses dokumen paten melalui situs-situs penyedia informasi Paten. Selain itu juga diberikan kelebihan dan kekurangan database Paten yang terdapat di dalam tiap-tiap situs web penyedia database Paten. Materi ini disampaikan dalam bentuk teori dan praktik secara langsung ke situs-situs web penyedia database
  • How to write patent document (patent drafting)?. Materi ini memberikan penjelasan tentang pengertian dokumen paten, prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam menulis dokumen paten, spesifikasi atau aturan/format penulisan dokumen Paten (patent drafting) yang terdiri dari Judul Invensi, Bidang Teknik Invensi, Latar Belakang Invensi, Ringkasan Invensi, Uraian Singkat Gambar (jika disertakan gambar), Uraian Lengkap Invensi, Klaim, Abstrak, dan Gambar (jika ada). Materi ini disampaikan dalam bentuk teori dan praktik. Pada sesi ini peserta diminta langsung memperbaiki draft deskripsi paten dari masing-masing invensi yang dibawa peserta sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam penulisan dokumen paten.

Nara Sumber dan Instruktur Pelatihan:

  • Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Kemenristekdikti (dalam konfirmasi)
  • Kepala Subdit HKI dan Inovasi, IPB
  • Tim DRI IPB yang telah berpengalaman dalam patent drafting

G. Sekretariat

Direktorat Riset dan Inovasi IPB
Gd. A.H. Nasoetion Lt. 5, Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680
Jawa Barat – Indonesia
Telp./Fax: +62-251-8624512
e-mail: dri@apps.ipb.ac.id
website: http://dri.ipb.ac.id

Contact Person : Nurul Azizah Ramadhani (Nunu), No HP 08561766607.

Link terkait:

Bantuan Pengelolaan Jurnal Ilmiah 2017
Simposium Kurma Tropika I (1st Symposium on Tropical Date Palm)