Home / Berita / Pelatihan Open Journal System (OJS)

Pelatihan Open Journal System (OJS)

Pelatihan OJS

Sejak tahun 2014, dengan diterbitkannya Perdirjen DIKTI Nomor 1 Tahun 2014 tentang Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Elektronik, DIKTI dan LIPI menyepakati adanya instrumen baru dalam sistem pengakreditasian jurnal ilmiah. Dimana jurnal yang dapat diakreditasi hanyalah jurnal yang pengelolaannya dalam bentuk elektronik. Selain itu, untuk mendapatkan indeksasi ke pengindeks bereputasi internasional, terbitan berkala ilmah harus memiliki kriteria tersendiri berkaitan dengan jurnal internasional yang diakui oleh lembaga pengindeks internasional, salah satunya adalah terbitan berkala ilmiah harus dapat diakses secara online. Melihat urgensi dan dalam rangka mempersiapkan jurnal-jurnal di IPB menuju e-journal, maka pada tanggal 28 September 2015 Direktorat Riset dan Inovasi menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Open Journal System (OJS).

Bertempat di Ruang Sidang Senat Kampus IPB Dramaga Bogor, kegiatan ini dihadiri oleh 66 orang yang terdiri dari ketua dewan editor dan staf teknis dari jurnal-jurnal di Lingkungan IPB. Terdapat 3 (tiga) materi yang disampaikan pada kesempatan kali ini, yaitu : (1) Penguatan Kualitas OJS di IPB, Oleh Dr. Idat Galih Permana (Direktur Integrasi Data dan Sistem Informasi); (2) Pengelolaan OJS di IPB oleh Dr. Berry Juliandi (Hayati Journal of Bioscience), dan (3) Disain OJS oleh Dr. Iman Rusmana (Hayati Journal of Bioscience).

IPB terus mendukung kemajuan jurnal-jurnal di Lingkungan IPB melalui program Bantuan Pengelolaan Jurnal yang dilaksanakan sejak tahun 2009. Melalui program tersebut, dapat terlihat bahwa hingga tahun 2015 terdapat 12 (dua belas) jurnal yang telah terakreditasi oleh DIKTI ataupun LIPI. Ungkap Dr. Nurul Khumaida selaku Kasubdit Agenda Riset dan Publikasi dalam sambutannya. Pada akhir sambutannya beliau menyampaikan harapan agar melalui kegiatan ini para pengelola jurnal dapat memahami dan mengaplikasikan program OJS, sehingga dapat memberikan sajian situs jurnal yang informatif bagi pembaca. (LAN)


Unduh materi pelatihan di sini

Pelatihan Indeksasi DOAJ dan Crossref
Seminar Internasional Restorasi Ekosistem Memperkuat Pengelolaan dan Implementasi Kebijakan Restorasi Ekosistem di Indonesia: Pembelajaran dari Lapang dan Negara Lain