Home / Berita / Pelatihan Indeksasi DOAJ dan Crossref

Pelatihan Indeksasi DOAJ dan Crossref

Pelatihan DOAJ

Seiring dengan visi IPB sebagaimana tercantum dalam Statuta IPB (PP No. 66 Tahun 2013) yaitu “Menjadi terdepan dalam memperkokoh martabat bangsa melalui pendidikan tinggi unggul pada tingkat internasional di bidang pertanian, kelautan dan biosains tropika”, maka sudah sepatutnya jurnal-jurnal ilmiah di Lingkungan Institut Pertanian Bogor, khususnya yang memiliki kualitas yang baik, meningkatkan reputasinya ke taraf internasional. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan proses indeksasi. Indeksasi pada sebuah jurnal merupakan salah satu cara diseminasi global, sehingga hasil penelitian atau artikel ilmiah didalamnya dapat disitasi atau direfer oleh peneliti-peneliti lain dan dampaknya dapat dirasakan secara lebih luas. Disamping itu, indeksasi juga memberikan manfaat yang baik terhadap berkala ilmiah diantaranya, (1) mendorong peningkatan kualitas manajemen berkala ilmiah; (2) menjaga konsistensi pengendalian kualitas terbitan berkala ilmiah; dan (3) menjaga kualitas substansi artikel.

Pada tanggal 29 September 2015, Direktorat Riset dan Inovasi (DRI) menyelenggarakan Pelatihan Indeksasi Crossref dan DOAJ. Pada kesempatan ini, Dr. Berry Juliandi menyampaikan materi terkait Lesson Learned Indeksasi Crossref pada Hayati Journal of Bioscience dan Dr. Efi Yuliati Yovi menyampaikan Lesson Learned Indeksasi DOAJ pada Jurnal Manajemen Hutan Tropika.

“Manfaat dengan mendaftar Crossref, data kita akan terintegrasi, sampai kapan pun orang akan selalu ingat dengan adanya nomor DOI. Disamping itu, ini sebagai langkah awal untuk menuju indeksasi.” Jelas Dr. Berry Juliandi ketika menjawab pertanyaan salah satu peserta pelatihan pada sesi diskusi.

“DOAJ adalah direktori daring yang mengindeks jurnal-jurnal bermutu tinggi. Dalam penilaian akreditasi, indeksasi pada DOAJ bernilai sedang atau bernilai 3 poin. Ini penting, karena besar kecilnya nilai yang kita peroleh sangat berpengaruh.” Ungkap Dr. Efi Yuliati Yovi.

Kegiatan ini dihadiri oleh 65 orang peserta yang terdiri dari ketua dewan editor dan staf teknis/administrasi jurnal di Lingkungan IPB. Terdapat dua usulan yang disampaikan, yaitu (1) IPB dapat melanggan Crossref, sehingga dapat membantu jurnal-jurnal lain untuk memiliki DOI; (2) IPB dapat melanggan Crosscheck, mengingat plagiarisme sangat erat kaitannya dengan penilaian kualitas suatu jurnal. Disamping itu, hampir seluruh mesin pengindeks akan mempertanyakan apakah ada perangkat yang digunakan untuk mengecek plagiarisme?. (LAN)

 

Materi pelatihan dapat diunduh di sini

PENERIMA BANTUAN PUBLIKASI INTERNASIONAL T.A 2015
Pelatihan Open Journal System (OJS)