Home / Berita / IPB Selenggarakan Tribute to Innovators 2017

IPB Selenggarakan Tribute to Innovators 2017

Tribute to Innovators 1

Inovasi menjadi salah kata kunci penting untuk peningkatan daya saing suatu bangsa, dimana peran inovasi bidang teknologi dan sosial menjadi sangat penting untuk terus ditingkatkan. Melalui berbagai program pengembangan perusahaan rintisan (start-up), IPB berusaha mempercepat proses hilirisasi hasil riset (inovasi) yang sudah dirasakan manfaatnya dalam mendukung pembangunan pertanian dalam arti luas. Melalui usaha yang terstruktur sejak tahun 2008, IPB telah mempraktekan proses bisnis hilirisasi inovasi yang melibatkan sinergisme beberapa unit kerja, sejak dilaksanakannya kegiatan penelitian, identifikasi hasil penelitian yang bermanfaat, pendaftaran inovasi propektif, seleksi insentif inovasi, calon perusahaan pemula, inkubasi teknologi hingga pembinaan techno-socio-preneur.

IPB saat ini merupakan perguruan tinggi yang menghasilkan inovasi terbanyak di Indonesia, dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir (2008-2017), IPB mendominasi daftar Karya Inovatif Indonesia Paling Prospektif hasil seleksi Business Innovation Center (BIC). Kontribusi IPB selama sepuluh tahun terakhir mencapai 407 inovasi dari total 1045 inovasi Indonesia atau sebanyak 38.95%, sehingga dengan capaian yang diraih dapat dikatakan bahwa IPB dapat dikategorikan sebagai kampus inovasi. Selain itu, di tahun 2017, IPB juga memperoleh penghargaan “Anugerah IPTEK Widyapadhi 2017” dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Penghargaan tersebut merupakan anugerah atau apresiasi kepada perguruan tinggi atas prestasinya dalam penelitian dan pengembangan menjadi produk inovasi melalui penguatan kelembagaan, sumberdaya manusia dan jaringan inovasi.

Prestasi dan capaian yang telah diraih oleh IPB tersebut tentunya tidak terlepas dari peran serta dan dukungan dari berbagai pihak, terutama para dosen/peneliti/ inovator/inventor yang telah menghasilkan berbagai karyanya yang inovatif serta unit – unit terkait yang menunjang terciptanya budaya berinovasi di lingkungan IPB. Kegiatan penghargaan dan perhatian sangat diperlukan sebagai sarana memberikan motivasi kepada dosen, peneliti, dan unit kerja terkait untuk terus berinovasi. Melalui kegiatan “Tribute to Innovators 2017” ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para dosen, peneliti, inovator dan unit kerja yang ada di lingkungan IPB.

Kegiatan Tribute to Innovators 2017 ini merupakan rangkaian acara Malam Apresiasi Inovator dan Mitra IPB 2017. Tribute to Innovators ini merupakan yang kedua kali diselenggarakan oleh IPB, setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2015. Tribute to Innovators 2017 ini memberikan apresiasi kepada para Inovator IPB penghasil inovasi tahun 2016-2017.

Selamat atas prestasi yang telah diraih oleh para inovator IPB, dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas upaya dan kerja keras para inovator IPB dalam menghasilkan karya inovasi yang bermanfaat dan berdampak pada masyarakat dan industri serta turut serta dalam pembangunan ekonomi Indonesia.

Penerima Dana Bantuan Penulisan Manuskrip Artikel Ilmiah untuk Publikasi Jurnal Internasional T.A. 2017
The International Symposium on Arboriculture in the Tropics (ISATrop) 2017: Securing ecosystem functions in urban landscape