Home / Berita / IPB Perkenalkan “IPB Science Park @ Taman Kencana” di Ritech Expo 2015

IPB Perkenalkan “IPB Science Park @ Taman Kencana” di Ritech Expo 2015

Foto berita

Jakarta (10/08/2015) Research, Innovation and Technology Exhibition (Ritech Expo) 2015 digelar di lapangan D, Parkir Timur Senayan, Jakarta selama empat hari, 7 sampai 10 Agustus 2015. Pameran yang mengangkat tema “Inovasi Iptek untuk Daya Saing Bangsa (Pangan, Energi, Maritim)” diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-20 tahun 2015. Ritech Expo 2015 dibuka secara resmi oleh Menteri Ristekdikti, Prof. Mohamad Nasir.

Ritech Expo yang menampilkan hasil-hasil riset dan inovasi karya anak bangsa Indonesia merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban terhadap publik atas penggunaan anggaran negara untuk kegiatan riset dan pengembangan. Dalam Ritech Expo 2015 terlihat bahwa para peneliti Indonesia mampu menghasilkan inovasi bernilai yang bisa memberi manfaat bagi negara. Hal ini terbukti sebagian inovasi yang ditampilkan dalam Ritech Expo 2015 telah berhasil dikomersialkan dan dirasakan manfaat serta dampaknya baik oleh masyarakat maupun industri.

Institut Pertanian Bogor (IPB) bersama dengan PT Bogor Life Science & Technology (BLST) turut serta mengisi stand di zona pangan dalam Ritech Expo 2015. Selain ragam inovasi IPB baik yang telah dikomersialkan (dipasarkan) maupun dalam tahap pengembangan bisnis ditampilkan oleh IPB, dalam Ritech Expo 2015 IPB memperkenalkan “IPB Science Park @ Taman Kencana” kepada masyarakat. IPB Science Park berlokasi di Kampus  IPB Taman Kencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, merupakan kawasan terintegrasi yang dirancang oleh IPB untuk penelitian,  pengembangan dan komersialisasi produk pertanian tropika dan biosains yang didukung fasilitas terkonsolidasi, infrastruktur yang sangat baik, efektifitas aturan dan regulasi yang kondusif. Empat aktivitas utama di IPB Science Park adalah 1) Riset  komersial, 2) Inkubasi dan Techno Venture, 3) Produksi terbatas untuk produk bernilai tinggi, dan 4) Training dan workshop. Aktivitas pendukungnya adalah jasa analisis laboratorium, konferensi dan seminar, edutainment, dan pengembangan produk.

Dr. Meika Syahbana Rusli, selaku Direktur Utama PT BLST sebagai pengelola IPB Science Park menjelaskan secara singkat perkembangan pembangunan IPB Science Park kepada Menteri Ristekdikti. PT BLST akan terus melaporkan perkembangan pembangunan IPB Science Park dan berharap mendapatkan dukungan dari Kemenristekdikti. Hadir pada hari kedua Ritech Expo 2015 dan berkunjung ke stand IPB adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Dr. Dwisuryo Indroyono Soesilo.

Selain di zona pangan (Hall A), Pusat Unggulan yang terdapat di IPB juga mengikuti Ritech Expo 2015 yang tergabung dalam stand Pusat Unggulan Indonesia di Hall B. Pusat Unggulan Indonesia dari IPB yang mengikuti Ritech Expo 2015 adalah Pusat Studi Biofarmaka (PSB), Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT), Pusat Studi Satwa Primata (PSSP), dan Pusat Penelitian Surfakatan dan Bioenergi (SBRC). (MHW)

Joint Workshop : Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional
IPB berpartisipasi dalam Pameran Inovasi dan Kreativitas Pembangunan di Pekalongan-Jateng