Home / Berita / IPB menjadi Anggota Technology and Innovation Support Center (TISC) WIPO

IPB menjadi Anggota Technology and Innovation Support Center (TISC) WIPO

MoU TISC 1 MoU TISC 3

Selasa, 31 Oktober 2017, Institut Pertanian Bogor (IPB) resmi menjadi salah satu anggota Technology and Innovation Support Centers (TISC) World Intelectual Property Organization (WIPO) sebagai Host Institution. Bergabungnya IPB sebagai salah satu Host Institution di Indonesia disahkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor IPB dengan Plt Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

TISC adalah salah satu program WIPO yang menyediakan layanan akses informasi di bidang teknologi, memberikan kemudahan bagi para inventor dan peneliti untuk melakukan penelusuran data Paten dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam rangka penelitian di bidang teknologi dan Kekayaan Intelektual lainnya. Kerjasama IPB-DJKI dalam program TISC WIPO mencakup: 1) peningkatan akses informasi teknologi, teknik dan know-how ilmiah; 2) penyediaan layanan bantuan dalam penelusuran dan analisa basis data teknologi, khususnya basis data paten, untuk kebutuhan teknik dan bisnis; 3) peningkatan pengetahuan dan manfaat kekayaan intelektual secara umum serta informasi paten khususnya; dan 4) peningkatan kesadaran mengenai kekayaan intelektual.

Layanan yang tersedia dalam program TISC WIPO tersebut akan dioptimalkan oleh IPB baik untuk kepentingan para inventor IPB maupun masyarakat. Selain IPB, terdapat 16 perguruan tinggi lain yang juga menandatangani MoU serupa, yaitu Telkom University, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Kristen Petra, Universitas Negeri Gorontalo, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Universitas Gunadarma, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Makassar, Institut Teknologi Nasional Malang, Universitas Airlangga, Universitas Kristen Indonesia, dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Discontinued Title List Scopus 2017
Bersama Asosiasi Sentra Kekayaan Intelektual Indonesia (ASKII) membangun kemandirian Indonesia